Awal Mula Masuknya Robot ke Indonesia



Robot kini memang sudah menjadi hal yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun tahukan anda bagaimana awalmula robot masuk ke Indonesia. Memang hingga saat ini tak ada data konkret terkait kapan robot masuk di Indonesia dan bagaimana masayarakat Indonesia mengenal robot. 

Namun sesuai dengan beberapa sumber , adanya robot di Indonesia adalah berkat peran Politeknik Elektronik Negeri Surabaya-Institut Teknologi Sepuluh November (PENS-ITS). Tokoh dibalik hadirnya robot tersebut adalah tak lain Endra Pitowarno yang merupakan dosen PENS-ITS. 

Bersama dengan 4 rekannya Endra menjajal Joint Research atau Training di Kumamoto National College of Technology Jepang. Dari keempat rekannya tersebut hanya Endra lah yang merasa tertarik dengan dunia robotik. 

Hal ini lantaran ia sangat mengagumi robot buatan Jeang yang selalu nampak hebat dan canggih. Robo pertama yang ia pelajari adalah robot tikus atau micromouse. Sepulang dari Jepang Endra pun memberikan oleh - oleh mahasiswanya dengan robot tikus yang pertama kali ia buat tersebut. 

Kehadiran Endra membawa robot itu un menarik minat para mahasiswa. Nak menakjubkan dari 60 mahasiswa yang ada, tercatat terdapat 12 mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhirnya dengan menggunakan tema robotika. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Awal Mula Masuknya Robot ke Indonesia "

Posting Komentar