Bus Listrik Kampus ITS Resmi Beroperasi


Karya dari para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) memang patut diacungi jempol. Telah merancang sebuah bus listrik, mereka pun resmi mengoperasikan bus tersebut sebagai sarana transportasi di wilayah kampus, yang mana penumpangnya tidak dikenakan biaya alias gratis.

Tujuan utama diluncurkannya bus kampus tersebut ialah untuk meminimalisir total penggunaan kendaraan pribadi, baik para mahasiswa maupun civitas akademika ITS. Dengan demikian, polusi udara pun akan semakin menurun.

Hal ini dibenarkan oleh Agus Mardyanto selaku Direktur Perencanaan dan Pengelolaan Sarana Prasarana ITS. Beliatu juga mengungkapkan bahwa hadirnya bus kampus tersebut diharapkan mampu menghadirkan lingkungan kampus yang lebih asri dan sehat. Mengingat ITS sendiri merupakan kampus peringkat kedua terhijau di Indonesia berdasarkan "UI Green Metric World University Ranking".

Hingga saat ini, bus kampus yang beroperasi di wilayah ITS sendiri masih berjumlah dua armada. Namun untuk ke depannya, pihak kampus berusaha untuk menambah armada agar semakin menurunkan angka polusi, serta mendukung penggunaan kendaraan yang hemat energi.

Rute dari bus listrik ini sendiri akan melalui dua rute yang berbeda. Rute yang pertama ialah Asrama Mahasiswa ITS, BRI, Bundaran Masjid Manarul Ilmi, Departemen Teknik Lingkungan, Rektorat, dan Gedung Student Community Center (SCC).

Tak hanya itu, bus ini juga akan melalui MIPA Tower, Departemen Teknik Elektro, Urban Farming, perumahan dosen (perumdos) ITS Blok U, Departemen Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Informatika, dan Departemen Desain Produk, serta Asrama Mahasiwa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Sedangkan rute kedua dari bus kampus akan melalui  Asrama Mahasiswa PENS, Gedung Pusat Robotika, BPPT, Perumdos Blok U, perumdos Blok T, Teknik Elektro, dan Minimarket K1 Mart, kemudian akan kembali ke Asrama Mahasiswa ITS.

Berbicara mengenai aturannya, bus sendiri tidak boleh berjalan dengan kecepatan di atas 30 km/jam. Dimana bus tersebut akan beroperasi mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kedua bus kampus tersebut akan berhenti di tiap halte kampus yang ada, yang mana waktu pemberhentian di tiap haltenya ialah selama dua menit.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bus Listrik Kampus ITS Resmi Beroperasi"

Posting Komentar