Di DIY, Jokowi Bagikan 1.190 KIP


Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk menanggulangi besarnya angka putus sekolah karena kemiskinan. Belum lama ini, Presiden ke-7 Indonesia ini kembali membagikan KIP untuk para pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bertempat di SMK Negeri 1 Tempel, Sleman pada Sabtu, 4 Februari 2016 lalu, Jokowi membagikan 1.190 Kartu Indonesia Pintar untuk para siswa di tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Bahkan tak hanya itu, beliau juga menyerahkan sebanyak 20 unit laptop untuk para siswa yang kurang mampu, serta yatim piatu. Dimana laptop tersebut merupakan sumbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Selain Jokowi, nampak pula beberapa tokoh Indonesia lain yang hadir, yakni Puan Maharani selaku Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, serta sang Bupati Sleman Sri Purnomo.

Adapun bantuan yang diberikan ini pun berbeda-beda tergantung dari tingkatannya. Untuk SD sendiri akan memperoleh bantuan sebesar Rp 400.000, kemudian SMP sebesar Rp 750.000. Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK akan memperoleh bantuan sebesar Rp 1.000.000. Dimana dana bantuan ini dapat dicairkan di bank-bank yang telah ditunjuk, yakni BNI dan BRI ketika memasuki tahun ajaran baru mendatang, yakni pada bulan Juni 2017.

Berkaitan dengan bantuan ini, uang yang telah dicairkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah, yakni membeli sepatu, seragam, buku dan peralatan sekolah lainnya. Namun jika ketahuan dana tersebut digunakan untuk kebutuhan yang lain, beli pulsa misalnya, maka KIP pun akan dicabut.

Hingga saat ini, anak yatim piatu di Indonesia tercatat telah berjumlah 896 ribu anak, namun ada sekitar 158 anak yang tidak terdistribusi bantuan tersebut. Oleh karena itu, pada tahun 2017 ini, telah dipersiapkan 735 ribu tambahan KIP yang ditujukan untuk para anak yatim piatu, serta panti asuhan yang terdapat di seluruh Indonesia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Di DIY, Jokowi Bagikan 1.190 KIP"

Posting Komentar