Dukung Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Pemerintah Bakal Bangun 11 SLB




Anak disabelitas memang memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak. Oleh karena itu untuk mendukung hal tersebut, pemerintah bakal membangun 11 sekolah luar biasa melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Nantinya sekolah luar biasa (SLB) tersebut akan memberikan pelayanan pendidikan yang baik untuk anak berkebutuhan khusus. 

"Kami harus memastikan anak-anak berkebutuhan khusus dapat mengembangkan potensinya agar berkembang, mandiri, dan diterima masyarakat. Oleh sebab itu Kemdikbud akan memberikan prioritas percepatan dan perluasan akses untuk anak-anak berkebutuhan khusus," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, di Jakarta, baru-baru ini.

Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa pendidikan bukan hanya untuk anak biasa namun bagi seluruh anak bangsa tak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu tak ada satu pun diskriminasi yang diberlakukan antara sekolah biasa maupun sekolah luar biasa. 

Tak hanya itu untuk memberkan dukungan yang penuh Kemdikbud juga telah memberikan sebuah insetif bagi anak diabelitas untuk dapat bersekolah di sekolah biasa. Sehingga anak berkebutuhan khusus tersebut tak perlu tergantung dengan andanya SLB. 

"Pemerintah akan memberikan insentif bagi sekolah umum yang menyelenggarakan sekolah inklusi ini," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Hamid Muhammad.

Hingga saat ini sudah tercatat terdapat paling tidak 159.002 anak berkebutuhan khusus mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik melalui sekolah inklusi yang terdiri dari 31.724 dan tersebar di Indonesia.  

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dukung Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Pemerintah Bakal Bangun 11 SLB "

Posting Komentar