Kebijakan Mendikbud Terbaru, Siswa Dapat Pilih Mata Pelajaran UN


Ujian Nasional memang batal untuk ditiadakan, namun ada yang menarik dari diselenggarakannya ujian tersebut. Para siswa dapat menentukan sendiri salah satu mata pelajaran sesuai jurusan yang diujikan pada ujian nasional. Hal ini bahkan diungkapkan langsung oleh Muhadjir Effendi selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kebijakan pemilihan mata pelajaran tersebut tentu bukan tanpa alasan. Dimana ia bertujuan agar tiap siswa mampu memperdalam materi dari mata pelajaran yang telah dipilihnya untuk diujikan.

Namun sayangnya, kebijakan ini tidak diterapkan untuk seluruh tingkat pendidikan, melainkan hanya ditujukan untuk siswa di tingkat sekolah menengah atas (SMA). Para siswa SMA diperolehkan mengambil salah satu mata pelajaran yang sesuai dengan jurusannya selain mata pelajaran wajib, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Dalam hal ini, diharapkan para siswa mampu berkonsentrasi dan fokus terhadap minat yang dimilikinya, mengingat UN sendiri tidak berkaitan dengan lulus atau tidaknya seseorang dalam menempuh pendidikan.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendi mengungkapkan agar pihaknya dapat melakukan pengukuran kedalaman pemahaman siswa terhadap materi-materi yang diujikan, sehingga ke depannya akan lebih mudah untuk dibenahi.

Pemilihan mata pelajaran ujian nasional sendiri tidak akan berpengaruh terhadap proses seleksi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Mengingat seleksi masuk dari sebuah perguruan tinggi sendiri tidak dipengaruhi oleh hasil ujian nasional.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kebijakan Mendikbud Terbaru, Siswa Dapat Pilih Mata Pelajaran UN"

Posting Komentar