Peranan Keluarga dalam Pendidikan Anak


Peranan keluarga merupakan hal yang sangat penting untuk keberhasilan anak dalam menempuh pendidikan di sekolah. Pasalnya, keluarga atau orang tua merupakan guru pertama bagi si anak, dan tentunya menjadi sebuah panutan. Berikut peranan keluarga dalam keberhasilan pendidikan, serta perkembangan si anak :

  • Menjadi teman

Keluarga hendaknya dapat berperan sebagai seorang teman yang bertujuan untuk mengeksplorasi pemikiran si anak. Dalaam hal ini, keluarga harus mampu menciptakan rasa nyaman sedemikian mungkin agar tercipta kedekatan, serta dapat berkomunikasi dengan baik. Tak hanya itu, orang tua yang mampu menempatkan dirinya sebagai seorang teman juga akan lebih mudah untuk menjelajahi proses berpikir, cara berpikiran dan perasaan pribadi dari para anaknya.

  • Menjadi pemberi semangat

Orang tua harus senantiasa memberikan semangat dan dorongan untuk anak-anaknya. Bagi si anak, sebuah pujian dan penghargaan dari orang tua akan membuat mereka lebih percaya diri.

  • Menjadi guru

Orang tua merupakan guru pertama yang dikenal oleh sang anak. Dimana orang tua yang pertama kali mengajarkan berbagai hal ketika sang anak belum menempuh bangku pendidikan. Seperti yang diungkapkan oleh pepatah, belajar dimulai dari rumah. Jelas ini merupakan tugas bagi para orang tua untuk memberikan pelajaran yang bersifat baik agar suatu saat sang anak mampu menjadi pribadi yang lebih baik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peranan Keluarga dalam Pendidikan Anak"

Posting Komentar