Pilih SMA atau SMK ? Ini Solusinya



Ketika telah berada di kelas 9, kita dihadapkan dalam suatu pilihan untuk memilih SMA atau SMK. Meskipun nampak sepele, namun hal ini menimbulkan suatu kebingungan tersendiri bagi seseorang. Lantas, manakah yang terbaik, SMA atau SMK ? Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian SMA
Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan satuan pendidikan usai menempuh jenjang SMP yang menjadi suatu wadah dalam pengembangan kualitas dan mutu peserta didik. Dimana satuan pendidikn ini lebih mengutamakan kemampuan teoritis, agar nantinya para lulusan mampu menjadi idealis ilmu pengetahuan.

Pengertian SMK
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ialah satuan pendidikan yang ditempuh usai menjalani jenjang SMP yang menjadi suatu wadah dalam pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang lebih lebih mengutamakan kemampuan praktik daripada teori. Pasalnya, ketika lulus diharapkan lulusan mampu menjadi pribadi yang ahli dalam suatu bidang tertentu.

Perbedaan SMA dan SMK
Kedua jenjang pendidikan ini memiliki cara pembelajaran dan tujuan yang cenderung berbeda. Berikut perbedaannya :

SMA

  1. Lebih berfokus pada pembelajaran teoritis
  2. Sasaran utama SMA ialah menciptakan lulusan yang memiliki disiplin ilmu dengan ilmu pengetahuan yang lebih luas

SMK

  1. Lebih berfokus pada pembelajaran yang bersifat praktik ketimbang teori
  2. Sasaran utama SMK adalah menciptakan lulusan yang ahli di suatu bidang tertentu yang dimanfaatkan sebagai bekal di dunia kerja.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pilih SMA atau SMK ? Ini Solusinya"

Posting Komentar