Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia


Masuknya agama Islam di Indonesia sendiri tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pelayaran dan perdagangan di zaman dahulu. Kala itu, pedagang yang berasal dari India dan Cina berbondong-bondong masuk ke Indonesia untuk mengadakan hubungan dagang. Kemudian pada abad ke-7 dan 8, para pedagang Islam yang berasal dari Timur Tengah juga mulai berlayar ke Indonesia dan singgah ke selat Malaka hingga perairan Nusantara.

Kala itu, Indonesia sendiri telah memiliki sebuah kerajaan Sriwijaya yang cukup terkenal. Pasalnya, kerajaan tersebut merupakan bandar terbesar yang sering kali digunakan sebagai tempat singgah dan bongkar muat barang dagangan yang dibawa oleh para pedagang dari luar nusantara atau pun dari dalam. Oleh karena itu, para pedagang Islam dari Timur Tengah tersebut banyak yang menyebut Sriwijaya sebagai Zabag atau Zabay.

Hubungan perdagangan yang semakin pesat inilah yang membawa pengaruh masuknya Islam ke Nusantara. Pasalnya, selain berdagang, para pedagang tersebut juga mengajarkan agama Islam kepada penduduk setempat. Lama kelamaan, mereka pun memutuskan untuk memeluk agama Islam secara sadar.

Agama Islam akhirnya masuk ke Pulau Jawa pada abad ke-11. Hal ini diketahui dari adanya batu nisan yang bertuliskan huruf Arab. Batu nisan tersebut ditemukan di Lereng yang berada di sekitar Gresik pada tahun 1082. Menurut keterangan warga setempat, batu nisan tersebut memuat informasi wafatnya Fatimah binti Maimun.

Selain di Pulau Jawa, agama Islam juga berkembang cukup pesat di Indonesia. Hal ini berdasarkan catatan Marco Polo pada tahun 1992. Dimana Marco Polo sendiri merupakan seorang musafir yang berasal dari Venesia, Italia. Dalam perjalanannya menuju ke Tiongkok melalui laut, ia sempat singgah di Aceh Utara. Ia menemukan banyak penduduk yang telah memeluk agama islam. Bahkan tak hanya itu, para pedagang yang berasal dari Gujarat India pun juga gencar untuk mengenalkan dan menyiarkan agama Islam di wilayah tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia"

Posting Komentar