Sejarah Runtuhnya Kerajaan Demak



Kerajaan Demak merupakan kerajaan islam pertama di Indonesia.  Kerajaan yang terdapat di daerah demak ini didirikan oleh Raden Patah yang juga menjadi raja pertaa di Demak pada tahun 1500 - 1518. Raden Patah memang telah melewati berbagai rintangan hingga akhirnya mendirikan kerajaan Demak yang menjadi kerjaan islam pertama di Indonesia. 

Masa masa kejayaan yang dialami oleh kerajaan Demak bukan ketika dipimpin oleh Raden Patah melainkan ketika dipimpin oleh Sultan Trenggono pada tahun 1521 - 1526 yang merupakan raja ketiga dari Kerajaan Demak setelah Pati Unus. Mengapa tidak ketika dibawah kepemimpinannya Demak berhasil menaklukkan beebrapa daerah seperti Sunda Kelapa yang merupakan daerah dari Pajajaran, serta menghalau kedatangan para penjajah. 

Namun kejayaan tersebut harus berakhir pada sebuah keruntuhan ketika Sultan Trenggono meninggal dunia. Terdapat sebuah konflik yang terjadi antar saudara dan merebutkan kekuasaan. Setelah meninggal Sultan Trenggono dgantikan oleh Pangeran Sido Lapen yang tak lain adalah Saudara dari Sultan Trenggono. Namun tak berlangsung lama Pangeran Pratowo yang merupakan anak Sultan Tranggono mebunuh Sido Lapen. 

Pertengkaran untuk memperebutkan kekuasaan pun terus berlanjut. Dimana Arya Penangsanga yang merupakan anak Sido Lapen membunuh Pangeran Prawoto. Hal itu terus terjadi hingga kekuasaan jatuh ke tangan Joko Tingkir pada tahun 1568 M dan ibukota Demak berpindah menjadi ke Pajang. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Runtuhnya Kerajaan Demak "

Posting Komentar